Categories

Glossary

Digitalisasi Pelayanan Kesehatan Melalui Startup Healtech di Indonesia

Percepatan digitalisasi sektor kesehatan kian terasa dengan berbagai kemajuan healthtech saat ini

Asti - 28 July 2021

Salah satu dampak positif yang dapat kita rasakan terkait dengan semakin pesatnya pertumbuhan ekosistem startup seperti saat ini adalah semakin bervariasinya kemunculan startup yang ada di Indonesia, salah satu bidang startup yang cukup menarik untuk diulas adalah healthtech. Secara singkat healthtech merupakan sebuah inovasi yang dilakukan pada bidang kesehatan dengan memanfaatkan kemajuan teknologi.

Era pandemi yang kita rasakan saat ini memaksa kita untuk membatasi segala jenis aktivitas fisik, hal ini dilakukan guna menekan persebaran virus Corona yang kabarnya belakangan ini belum juga dapat diatasi.

Kemunculan healthtech tentunya dapat dilihat sebagai sebuah solusi di tengah pandemi ini, selain berguna untuk menekan persebaran virus Covid di Indonesia karena tidak perlunya kontak fisik yang terjadi antara pasien dengan penyedia jasa kesehatan Healthtech juga akan memberikan kemudahan akses untuk Anda terkait konsultasi masalah kesehatan.

Apa itu Healthtech?

Healthtech merupakan sebuah terobosan terbaru yang dikembangkan oleh Health Technology Assessment (HTA) untuk mengoptimalkan kinerja pada bidang kesehatan di tengah pademi ini, artinya adalah sebuah inovasi yang dilakukan  dalam  bidang kesehatan dengan memanfaatkan perkembangan teknologi yang ada.

Terlebih disaat seperti sekarang ini produk-produk yang bersinggungan dengan kesehatan mendadak menjadi laku keras di pasaran, tentunya hal ini dapat dilihat sebagai peluang bisnis yang cukup menjanjikan.

Salah satu problematika yang dihadapi oleh para pelaku perusahaan rintisan pada bidang healthtech saat ini adalah kurang bergairahnya ekosistem bidang kesehatan dan kurang jelasnya regulasi yang mengatur tentang pendanaan tentang pelayanan kesehatan digital yang ada di Indonesia. Faktor selanjutnya adalah minimnya informasi tentang healthtech, baik secara edukasi maupun adopsi dari para praktisi kesehatan tentang pemanfaatan teknologi pada bidang kesehatan. Sehingga masyarakat cenderung untuk lebih menggunakan cara konvensional dibandingkan dengan cara digital untuk terkait dengan masalah kesehatan yang mereka alami.

Kini Healthtech muncul sebagai solusi yang akan memberikan Anda kemudahan untuk melakukan konsultasi perihal masalah kesehatan dimanapun dan kapanpun tanpa perlu memikirkan kemungkinan untuk tertular penyakit.

Perkembangan Healthtech di Indonesia

MenurutDailySocial.id, Asia merupakan ladang basah dalam bidang healthtech, tercatat ada pertumbuhan yang cukup signifikan antara tahun 2017-2018 yakni nilai investasi healthtech mencapai angka $3.3 miliar.

Saat ini Tiongkok dan India masih menjadi negara yang mendominasi bidang healthtech di wilayah Asia, kemudian disusul oleh Singapura (11%), Jepang (8%), Singapura (8%), Indonesia dan Filipina (7%). Indonesia memang menjadi salah satu negara di Asia yang mendapatkan deal investasi, namun kurang mendapatkan sorotan jika dibandingkan dengan negara-negara lainnya.

Dari sekian banyak layanan yang coba diberikan oleh bidang healthtech ada beberapa layanan yang cukup dilirik oleh para investor dalam bidang ini, berikut ada 6 layanan healthtech yang cukup banyak diminati, yakni:

  1.       Penelitian kesehatan (14 investasi)
  2.       Online marketplace (12 investasi)
  3.       Genomics dan aplikasi terkait (12 investasi)
  4.       Data dan analisis medis (10 investasi)
  5.       IoT (5 investasi)
  6.       Diagnosis kesehatan (3 investasi)

Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa problematika yang dihadapi oleh para pengembang bisnis khususnya pada bidang healthtech bahwa ketidakjelasan regulasi yang mengatur hukum tentang proses pendanaan, stabilitas ekonomi dan kurangnya penyuluhan informasi menjadi faktor yang menyebabkan bidang healthtech belum dapat berkembang secara optimal di negara tersebut.

Hal demikian juga terjadi pada Indonesia, namun dalam survei tersebut dijelaskan bahwa sebenarnya Indonesia menjadi salah satu negara yang cukup potensial yang dapat menunjang perkembangan healthtech pada wilayah Asia.

Jumlah populasi penduduk dan semakin meningkatnya pengguna internet di Indonesia menjadi sebuah aset yang cukup menjanjikan bagi para pengembang bisnis terutama yang bergerak dalam penyediaan layanan healthtech.

Bahkan pada 2015 lalu sudah berdiri sebuah lembaga yang bernama Indonesia Healthtech Association (IHA), lembaga ini menjadi rumah yang menaungi perusahaan-perusahaan rintisan dalam bidang teknologi kesehatan.

***

Disclosure: Artikel ini ditulis oleh Dhea Alif

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter