Categories

Gadget

Google Umumkan Pixel Buds A-Series, Mirip TWS Pertamanya tapi dengan Harga Lebih Murah

Secara fisik, Pixel Buds A-Series nyaris identik seperti Pixel Buds 2, tapi dengan sejumlah fitur yang dipangkas

Glenn Kaonang - 4 June 2021

Dibandingkan Apple dan pabrikan-pabrikan lain, Google memang agak terlambat bermain di ranah TWS. TWS pertamanya, Pixel Buds 2 diluncurkan di bulan Oktober 2019, sekitar enam bulan setelah Apple mengungkap AirPods generasi kedua. Namun itu rupanya bukan alasan bagi Google untuk tidak mendalami kategori perangkat audio yang sangat populer ini lebih jauh lagi, dan pada akhirnya merambah lebih banyak konsumen.

Mereka baru saja mengumumkan Pixel Buds A-Series, versi lebih terjangkau ketimbang Pixel Buds 2 yang sudah agak berumur itu. Sebagai perbandingan, Pixel Buds 2 dijual seharga $179, sedangkan Pixel Buds A-Series dihargai cuma $99 saja. Tentu saja, ada beberapa fitur yang harus dipangkas agar Google bisa tetap mengambil untung di harga tersebut.

Beberapa fitur yang dipangkas di antaranya adalah dukungan wireless charging untuk case-nya, dukungan gestur yang lebih terbatas (tidak ada gestur swipe untuk mengatur volume), fungsi noise reduction untuk panggilan telepon maupun suara angin, serta fitur Attention Alerts (yang memungkinkan perangkat untuk mendeteksi suara-suara penting seperti sirene atau suara bayi menangis, lalu menurunkan volume secara otomatis).

Jadi seandainya salah satu dari fitur-fitur di atas dirasa penting, maka konsumen bisa memilih Pixel Buds 2 ketimbang Pixel Buds A-Series. Sebaliknya, kalau mereka bisa memaklumi absennya fitur-fitur tersebut, maka mereka bisa menghemat cukup lumayan dengan menggaet Pixel Buds A-Series.

Di luar fitur-fitur tadi, Pixel Buds A-Series cukup identik dengan Pixel Buds 2. Bahkan wujud fisiknya bisa dibilang sama persis, dengan perbedaan hanya pada motif warnanya, serta ukuran sirip penyangganya yang sedikit lebih kecil. Driver yang tertanam juga mempunyai diameter 12 mm, bahkan bentuk charging case-nya pun sama, dan perangkat tetap mempertahankan sertifikasi ketahanan air IPX4.

Dalam sekali pengisian, baterai Pixel Buds A-Series diklaim tahan sampai sekitar 5 jam pemakaian, atau sampai 24 jam kalau dipadukan bersama daya milik charging case-nya. Fitur fast charging tak lupa disediakan, di mana perangkat mampu memberikan waktu pemakaian selama sekitar 3 jam meski hanya di-charge selama 15 menit.

$99 memang belum bisa dikatakan murah, tapi setidaknya Google Pixel Buds A-Series masih lebih terjangkau daripada AirPods ($159) maupun penawaran dari sejumlah pabrikan ternama lainnya.

Sumber: The Verge dan TechCrunch.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter