Categories

Gadget

Nokia XR20 Adalah Smartphone 5G Tangguh dengan Pembaruan 4 Tahun

Nokia XR20 dijanjikan akan mendapatkan pembaruan keamanan bulanan empat tahun dan tiga tahun pembaruan OS utama

Lukman Azis - 27 July 2021

Dulu ponsel Nokia dikenal dengan ketangguhannya dan HMD Global atau perusahaan di balik Nokia itu juga memanfaatkan dengan baik kekuatan tersebut dalam produk buatannya. Perangkat terbarunya, HMD Global telah mengumumkan smartphone 5G tangguh Nokia XR20 dan dijanjikan akan mendapatkan pembaruan selama empat tahun.

Perangkat ini memiliki bodi yang kokoh dengan sertifikasi MIL-STD810H dan dapat menahan saat jatuh dari ketinggian hingga 1,8 meter dan mengantongi sertifikasi IP68 untuk ketahanan terhadap air dan debu. Bagian depannya juga sudah diproteksi oleh Gorilla Glass Victus.

Beralih ke aspek layar, Nokia XR20 mengemas panel IPS berukuran 6,67 inci dengan resolusi FHD+ dan memiliki tingkat kecerahan 550 nits dengan keterbacaan cukup baik di bawah sinar matahari. Layarnya juga dapat berfungsi dengan jari atau sarung tangan yang basah.

Selain itu, Nokia XR20 memiliki speaker stereo 96dB dengan teknologi OZO. Sensor sidik jarinya terletak di sisi kanan pada tombol power dan di sisi atas terdapat tombol khusus yang fungsinya dapat disesuaikan oleh pengguna.

Pada bagian dalam, HMD Global mengandalkan Qualcomm Snapdragon 480, chipset Snapdragon 400 series pertama yang punya modem 5G. SoC 8nm ini dipersenjatai CPU octa-core Kryo 460 yang terdiri dari 2x 2.0 GHz berbasis Cortex-A76 dan 6x 1.8 GHz Cortex-A55, serta GPU Adreno 619. Berpadu RAM 6GB dan penyimpanan 128GB yang dapat diperluas melalui microSD.

Kemudian pada bagian belakang, tersemat dua unit kamera dengan kamera utama 48MP f/1.8 dengan sensor berukuran 1/2.25 inci. Sementara, kamera sekunder 13MP f/2.0 dilengkapi lensa ultrawide dan ditemani dual LED flash. Lalu, di bagian depan terdapat kamera selfie 8MP f/2.0.

Sistem operasi yang dijalankan oleh Nokia XR20 sudah Android 11 dan dipastikan akan mendapatkan pembaruan keamanan bulanan empat tahun, serta tiga tahun pembaruan OS utama. Kapasitas baterainya 4.630 mAh yang diklaim dapat bertahan selama dua hari dalam sekali pengisian ulang dan didukung fast charging 18W atau 15W untuk wireless charging.

Nokia XR20 akan hadir dalam warna Ultra Blue dan Granite Grey dengan harga US$550 atau sekitar Rp7,9 jutaan. Selain Nokia XR2O, HMD Global juga merilis smartphone entry-level Nokia C30 yang dibanderol €99 (Rp1,6 jutaan) dan ponsel klasik Nokia 6310 seharga €40 (Rp600 ribuan).

Sumber: GSMArena

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter