Categories

Feature

Pentingnya Peran CDN Dalam Membangun User Experience

Content Delivery Network (CDN) memiliki peran penting dalam membangun user experience

Asti - 31 May 2021

Content Delivery Network (CDN), kini ramai dimanfaatkan perusahaan untuk meningkatkan performa, agar saling terhubung tanpa ada kendala jarak dari masing-masing pengguna, maupun server website utama. CDN banyak digunakan oleh berbagai industri, contohnya industri game dan media. Namun bagaimana inovasi yang dibangun oleh industri game dan media bisa menarik para pengguna?

CDN merupakan kumpulan server global yang terletak di beberapa pusat data dan tersebar di berbagai negara. CDN ini berfungsi meningkatkan kecepatan pengiriman data melalui jaringan server kepada pengguna dari lokasi terdekat yang paling memungkinkan. CDN sering disebut juga sebagai jaringan distribusi (distribution network) yang berfungsi juga sebagai penyedia beberapa points of presence (PoPs) di luar server asal.

Sebagai salah satu penyedia komputasi cloud terbesar di dunia, Amazon Web Services (AWS) baru saja meluncurkan AWS Edge Networking Location di Indonesia. Layanan Edge Location yang diusung tersebut mampu menghubungkan para pelanggan dengan jaringan global AWS dengan ragam benefit yang ditawarkan untuk meningkatkan kinerja, keamanan dan perlindungan jaringan.

Layanan CDN yang dimiliki AWS seperti Amazon CloudFront dan AWS Global Accelerator ini, memanfaatkan backbone jaringan AWS untuk meningkatkan kinerja aplikasi, API dan video. AWS sendiri memiliki kelebihan, yakni proses buffer yang terbilang cepat, latency lebih kecil, automasi lebih cepat dan secara biaya terbilang lebih murah. 

AWS telah melaksanakan pembahasan mendetail mengenai inovasi yang dibangun oleh industri gaming dan media untuk menarik para pengguna, yakni melalui webinar yang telah diselenggarakan pada hari Selasa, 27 April 2021 dengan topik “Build An Amazing User Experience For Media and Gaming Industry Through Innovation”.

Pada acara webinar tersebut, AWS Indonesia mengenalkan bagaimana para pelanggan di Indonesia dapat memanfaatkan teknologi Edge Location untuk membantu bisnis agar lebih efisien dan memberikan pengalaman pelanggan yang lebih memuaskan, terutama inovasi industri gaming atau media dalam membangun pengalaman yang optimal pada para pengguna.

Subangkit Ramadiputra selaku CTO Yamisok mengatakan, “AWS Edge Networking Location ini akan bermanfaat membantu bisnis dan sangat memberikan pengalaman yang sungguh positif serta memuaskan kepada pelanggan, seperti keamanan, stabilitas, dan biaya yang rendah adalah bagian dari paketnya,” ujarnya.

Dengan diadakan webinar ini, diharapkan mampu membantu para pelaku bisnis, khusus yang berkecimpung dalam dunia industri gaming dan media dapat mengimplementasikan CDN dan memberikan manfaat terhadap pengguna untuk saling terhubung dan dapat berinteraksi satu sama lain, baik antar pengguna game atau penerima informasi melalui media dan website server utama.

**Disclosure: Artikel ini ditulis oleh Muhammad Dika Wahyudi

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter