Categories

Founder Institute Indonesia Luluskan 30 Founder Startup dalam Program Virtual 2021

DailySocial Newswire - 11 June 2021

Founder Institute Indonesia akan mengadakan Graduation Ceremony program Virtual 2021 pada hari Sabtu, 12 Juni 2021, di kantor pusat Merry Riana Group.

Founder Institute (FI.co) adalah akselerator pre-seed startup terbesar di dunia. Dalam program ini, para entrepreneur dan tim, membangun bisnis mereka bersama support network penting yang terdiri dari para pakar startup yang memiliki visi dan tujuan yang sama, melalui proses pembangunan bisnis yang terstruktur dan menantang, yang telah membantu alumni mendapatkan pendanaan lebih dari 950 juta US Dolar.

Banyak founder startup dengan pertumbuhan tercepat di dunia, telah dibantu Founder Institute untuk mendapatkan pendanaan, bergabung dengan akselerator, menghasilkan traction, membentuk team, membangun produk, melakukan transisi dari karyawan menjadi entrepreneur, dan banyak lagi.

Berpusat di Silicon Valley dan tersebar di lebih dari 200 kota dan 90 negara, Founder Institute memiliki misi untuk membuat Silicon Valley mendunia dan memberdayakan para enterpreneur yang berbakat dan termotivasi untuk membangun perusahaan-perusahaan yang akan menciptakan satu juta pekerjaan baru.

Di Indonesia, Founder Institute dipimpin oleh Andy Zain, Merry Riana, dan Alva Tjenderasa. Andy Zain adalah seorang tech entrepreneur, investor, dan Managing Partner dari Kejora Capital, venture capital terkemuka di Asia Tenggara yang berpusat di Jakarta.

Merry Riana dan Alva Tjenderasa adalah serial entrepreneur dan founder dari Merry Riana Group, yang terdiri dari 12 bisnis dalam berbagai segmen: education & human capital, event organizing, digital media, ritel & consumer goods, dan juga F&B.

Andy Zain berkontribusi melalui pengalaman dan network beliau di technology startup ecosystem di Indonesia. Sedangkan Merry Riana dan Alva Tjenderasa berkontribusi melalui pengalaman mereka di industri education & human capital, termasuk brand & jangkauan mereka ke jutaan followers di media sosial.

Berkat partnership strategis yang saling melengkapi ini, Founder Institute Indonesia program Virtual 2021 berhasil memecahkan rekor dunia sebagai kelas akselerator dengan peserta terbanyak sepanjang sejarah. Hal ini dikonfirmasi dan disambut baik oleh Adeo Ressi, pendiri dan CEO Founder Institute.

Dari total 3000 founders yang mendaftar, hanya 218 founders yang terseleksi dan diterima untuk mengikuti program Virtual 2021. Setelah proses belajar yang sangat intensif selama 4 bulan, di mana peserta yang tidak memenuhi standard di drop-out setiap minggunya, pada akhirnya hanya 30 founders yang lulus.

Kurikulum program Virtual 2021 melingkupi semua hal yang dibutuhkan oleh sebuah startup untuk bertahan dan berkembang. Termasuk di dalamnya adalah Vision, Customer Development, Revenue, Branding & Design, Legal & Intellectual Property, Go-to-Market & Scale, Product Development, Hiring & Onboarding, Growth, dan Equity & Funding.

Berbeda dengan batch-batch sebelumnya, program Virtual 2021 dilakukan 100% secara online, dan diikuti oleh para Founders, yang bukan hanya dari Jakarta, tapi juga dari kota-kota lain dari seluruh Indonesia.

Program Virtual 2021 didukung oleh 90 Mentor terbaik, para pakar, para Partner dari Venture Capital terkemuka dan tentunya para Founders dari Top Startup di Indonesia seperti Achmad Zaky (Bukalapak), Gaery Undarsa (Tiket.com), Iman Usman (Ruang Guru), Edy Sulistyo (Loket.com & GoPlay), Peter Shearer (Wahyoo), Ronald Ishak (Hakctiv8), Jourdan Kamal (MauBelajarApa.com), Rama Mamuaya (DailySocial.id), Adrian Gunadi (Investree), dll.

Kehadiran Merry Riana juga memberikan warna yang berbeda, terbukti dengan lebih banyaknya founder wanita yang ikut serta, di mana sekitar 50% dari founders yang lulus program Virtual 2021 adalah wanita, dan latar belakang founders yang lebih beragam, tidak hanya dari dunia technology saja, tapi juga dari industry lain yang lebih mainstream.

Keterlibatan Merry Riana di Founder Institute Indonesia ini adalah langkah pertama beliau untuk memasuki dunia technology startup dalam rangka mencapai resolusi beliau untuk menciptakan dampak positif dari Indonesia untuk dunia.

Graduation Ceremony nanti akan dihadiri oleh para mentor serta berbagai undangan, termasuk para investor. Acara akan dilengkapi dengan presentasi dari para lulusan yang akan menjelaskan tentang startup, peluang pasar, serta strategi bisnis mereka.

Pada Graduation Ceremony, 5 lulusan terbaik akan dipasangkan dengan 5 Super Mentor yang akan membantu untuk me-refine business  plan mereka. 5 Startup terbaik dengan Super Mentor mereka masing-masing adalah: Personix, Panenpa, Hyde Living, Invesnow, dan Admin Cerdas, yang akan dimentori oleh Paulus Bambang, Edward Ismawan Chamdani, David Tjokrorahardjo, Alexander Rusli, dan Leontinus Edison.

Menurut Alva Tjenderasa, 30 founders yang lulus ini telah mendapatkan sesuatu yang sangat istimewa, yaitu hubungan baik dengan para mentor, baik local maupun global, di mana tidak semua orang akan bisa mendapatkan akses dan bimbingan langsung dari mereka. Selain itu, 30 founders ini juga tetap bisa mendapatkan akses ke Founder Institute Global Network dan post graduate support & program.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.